Wanita Tiang Negara


Wanita Tiang Negara:

الْمَرْأَةُ عِمَادُ الْبِلاَدِ إِذَا صَلُحَتْ صَلُحَتِ الْبِلاَدُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَتِ الْبِلاَدُ

Wanita adalah tiang suatu negara, apabila wanitanya baik maka negara akan baik dan apabila wanita rusak maka negarakapun akan rusak.

TIDAK ADA ASALNYA. 

Hadits yang cukup kondang ini sering disampaikan oleh para penceramah tatkala mengulas tentang peran penting wanita dalam kehidupan negara, apalagi pada hari Ibu. 

Sejauh pelacakan penulis terhadap kitab-kitab hadits sampai detik ini, tak secuilpun didapati bahwa ucapan tersebut termasuk hadits. 

Dalam kata lain, ungkapan ini adalah hadits yang tidak diketahui asal-usulnya.

Kesimpulan kami itu sesuai dengan apa yang penulis baca dalam buku "Hadits-Hadits Bermasalah" hal. 69 oleh Prof. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA tatkala menceritakan bahwa dirinya telah mencari hadits tersebut lebih dari lima tahun, tetapi tak juga menemukannya.

Demikian juga Al-Ustadz KH. Muchtar Nasir, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta yang justru sudah lebih dari sepuluh tahun mencari hadits itu, tapi juga belum menemukannya. 

Ketika salah seorang propagandis hadits ini ditanya tentang sumber riwayat dan kualitasnya, dia hanya menjawab dengan ringan: "Saya mendengar para kiai menyampaikan hadits itu. Akhirnya saya ikut menyampaikannya!!!".

Ustadzuna Abu Unaisah Abdul Hakim bin Amir Abdat -semoga Allah memanjangkan umurnya- juga berkata: "Hadits ini sama sekali tidak ada asal-usulnya walaupun sangat masyhur disandarkan atas nama Nabi yang mulia".

Menurut dugaan penulis, ungkapan yang populer diklaim sebagai hadits itu bukanlah hadits, tetapi sekedar kata mutiara seorang , kemudian karena kejahilan manusia sehingga dianggap sebagai hadits!!!

 

Tiang Mrican Kulon © 2011 Design by Wawan_Dwn | Sponsored by EQN - Islam - Best To Allah