Surga di bawah telapak kaki Ibu


Surga di bawah telapak kaki Ibu:

الْجَنَّةُ تَحْتَ أَقْدَامِ الأُمَّهَاتِ

Surga di bawah telapak kaki ibu.(Maudhu'/PALSU)

-MAUDHU'- Diriwayatkan Ibnu Adi (1/325) dan al-Uqaili dalam adh-Dhu'afa dari Musa bin Muhammad bin Atha', menceritakan kepada kami Abdul Malik, menceritakan kepada kami Maimun dari Ibnu Abbas secara marfu'.

Sanad ini adalah maudh', sebab Musa bin Atho adalah seorang pendusta. Al-Uqaili berkata "Hadits ini munkar".

Sebagai ganti hadits ini adalah hadits Mu'awiyah bin Jahimah, bahwasanya beliau datang kepada Rasulullah n/ seraya berkata:

يَا رَسُوْلَ اللهِ أَرَدْتُ أَنْ أَغْزُوْ وَقَدْ جِئْتُ أَسْتَشِيْرُكَ. فَقَالَ: هَلْ لَكَ أُمٌّ؟ قَالَ: نَعَمْ. قَالَ: فَالزمها فَإِنَّ الْجَنَّةَ تَحْتَ رِجْلَيْهَا

Wahai Rasulullah, aku hendak berperang, kini aku datang untuk meminta pendapat engkau. Rasulullah menjawab, "Apakah engkau mempunyai ibu?" Jawabnya, "Ya." Lalu Rasulullah bersabda, "Berbuat baiklah kepadanya. Sesungguhnya surga itu berada di bawah kedua kakinya."

Diriwayatkan Nasa'i (2/54) dan ath-Thobarani (2/225), dan sanadnya hasan –insya' Alloh–. Al-Hakim menshahihkannya (4/151) dan disetujui oleh adz-Dzahabi dan al-Mundziri (3/214).

==============================================
Faedah: Maksud "Surga di telapak kaki ibu" adalah bahwa tawadhu'/rendah diri kepada seorang ibu merupakan sebab masuknya seorang ke surga.

 

Tiang Mrican Kulon © 2011 Design by Wawan_Dwn | Sponsored by EQN - Islam - Best To Allah